Honda Indonesia Recall Mobil Brio Satya dan Brio 1.2 AT

Ramai recall dikalangan para pecinta otomotif akhir-akhir ini sangat marak dan mulai familiar didengar. Sejak recall besar-besaran yang dilakukan oleh salah satu produsen mobil ternama dunia, Mitsubishi pada tahun 2009 membuat beberapa produsen mobil mulai sangat berhati-hati dalam memproduksi mobil yang dibesutnya. Sehingga tidak tanggung-tanggung, jika sedikit saja komponen mobil yang telah diproduksinya bermasalah dalam evaluasi, bahkan jikalaupun mobilnya sudah berada digenggaman konsumen, recall harus tetap dilakukan. Dan recall ini tidak terkecuali pada beberapa varian terbaru Honda, yakni Brio Satya dan Brio 1.2 AT.

Mengenal Recall Lebih Dekat

Recall biasa dikenal oleh orang-orang yang sangat akrab dengan dunia otomotif sebagai proses penarikan kembali produk dalam hal ini adalah mobil, dari pasaran untuk dapat diadakan perbaikan kembali terhadap beberapa komponen produk yang dianggap tidak sesuai. Tentu, evaluasi komponen ini dilakukan dengan sangat hati-hati dan teliti tanpa meninggalkan satupun standard komponen keselamatan yang telah ditentukan baik oleh Honda maupun komisi keselamatan transportasi. Honda Brio Satya dan Brio 1.2 AT setelah dievaluasi ternyata terdapat satu komponen yang harus dilakukan perbaikan sehingga upaya recall harus dilakukan.

honda brio satya recall

Honda Brio Satya dan Brio 1.2 AT diluncurkan dengan beberapa fitur yang saat peluncurannya sempat menjadi andalan, salah satunya adalah airbag atau kantong udara yang memiliki spesifikasi dual SRS airbag. Kantong udara ini setelah dievaluasi memiliki beberapa kekurangan yakni pada pemicu untuk mengaktifkan kantong udara. Setelah dievaluasi dengan cermat, kantong udara ini tidak bekerja secara maksimal karena terdapat komponen yang bekerja tidak sesuai fungsinya sehingga jika kantong udara ini dibiarkan dikhawatirkan akan mencederai penumpang dan pengendara pasa saat kantong udara mengembang.

Pimpinan tertinggi HPM (Honda Prospect Motor) menambahkan sekali lagi bahwa komponen yang tidak berfungsi seharusnya pada airbag tersebut adalah airbag inflator yang yang terdapat di sisi pengemudi pada Honda Brio Satya dan Honda Brio 1.2 AT. Recall akan dilakukan oleh pihak Honda dalam hal ini HPM sebagai pemegang merk Honda di Indonesia, pada kedua jenis mobil Honda Brio tersebut yang diproduksi pada September 2013 sampai dengan Juli 2014. Dan pihak HPM menegaskan bahwa program recall ini dilakukan oleh Honda dalam rangka program global recall yang dilakukan oleh Honda Motor untuk memastikan standard yang paling tinggi bagi semua produk yang telah diproduksi oleh Honda.

Honda Brio

Proses penggantian komponen kantong udara yaitu airbag inflator yang dilakukan oleh pihak HPM kepada seluruh mobil jenis Honda Brio Satya dan Brio 1.2 AT dilakukan kepada seluruh konsumen Brio tanpa dikenakan biaya apapun. Konsumen Brio yang mobilnya teridentifikasi seperti yang telah diumumkan oleh HPM yaitu Brio produksi September 2013 hingga Juli 2014, akan segera dihubungi oleh HPM dan mobil akan langsung dilakukan penarikan dan diperbaiki. Perbaikan airbag inflator ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 6 Nopember 2014. Tidak perlu khawatir akan antri membludak, karena proses penggantian ini hanya memakan waktu kurang lebih 60 menit.

Program recall global ini dilakukan oleh pihak Honda Motor. Co. Ltd dalam rangka menunjukkan tanggung jawab pihak Honda terhadap konsumen yang telah memakai produk Honda dengan standar dan kualitas terbaik. Telah ditegaskan oleh pihak Honda bahwa recall Brio ini dilakukan dalam rangka menjaga keselamatan penumpang dan pengendara. Selain itu program recall ini diadakan dalam rangka evaluasi rutin yang dilakukan Honda untuk memastikan kepuasan konsumen.

Honda Brio sendiri telah diluncurkan pertama kali pada tahun 2013 dengan beberapa fitur andalan yang disertakan teknologi paling mutakhir untuk mempercantik mobil LCGC. Mobil ini adalah salah satu dari beberapa jenis mobil keluaran Honda yang sangat memanjakan pengendara sekaligus penumpangnya. Dengan mengusung mobil banyak penumpang, membuat Honda Brio memiliki ukuran kabin yang luas sehingga muat untuk beberapa orang sama halnya dengan Honda CR-Z.

Selain kabin dan interior dalamnya yang mewah, Brio juga memiliki spesifikasi mesin mumpuni untuk mobil kelas LCGC. Dan Brio memiliki fitur keamanan yang sangat canggih yakni fitur immobilizer yang akan memastikan Brio kita dalam keadaan aman. Karena itu tidaklah benar jika Brio diproduksi dalam keadaan untuk membahayakan penumpang, melainkan untuk berkendara bersama keluarga.

Related Posts: