Tips Mencuci Mobil Baik dan Benar

Cara mencuci mobil yang baik dan benar sangat penting untuk menjaga kondisi kendaraan pribadi Anda secara keseluruhan. Mobil yang bersih setelah dicuci belum tentu berada dalam keadaan yang baik untuk digunakan. Langkah-langkah mencuci yang benar dapat menjamin kualitas performa tetap berada di level sempurna. Pada dasarnya, kendaraan bermotor mempunyai dua bagian yang bertolak belakang sifatnya. Apalagi jika berhadapan dengan air. Bagian motor sangat terlarang untuk bercampur air. Sementara body dan sasis mobil justru dianjurkan untuk dicuci atau dibersihkan dengan air.

tips mencuci mobil images

Kendaraan roda empat atau mobil yang kotor bisa menimbulkan efek negatif bagi performa berkendara dan penampilan Anda. Beberapa bagian yang sering bergerak seperti wiper, pintu, roda, dan rem merupakan sederet fitur yang bisa menurun kondisinya jika terus-menerus dalam keadaan kotor. Ditambah lagi, kalau sering berkendara melewati perjalanan yang jauh dan melewati medan yang berat pasti mobil Anda akan sangat kotor. Perlu cara dan tahapan mencuci yang baik dan benar agar performa berkendara dan penampilan mobil Anda tetap terjaga.

Mencuci Mobil

Ada 4 tahap mencuci yang meliputi keempat bagian penting dari mobil Anda. Cara mencuci yang benar dan baik akan meningkatkan, baik performa maupun penampilan mobil. Oleh karenanya, perlu dipahami terlebih dahulu jika mobil merupakan suatu produk yang dipabrikasi dari beberapa bahan yaitu plastik, karet, dan besi. Selain itu, cat dan sejenisnya menempati bagian komponen terbanyak yang dipakai oleh produsen. Sifatnya yang sensitif menuntut treatment atau perlakuan yang khusus pula sehingga pencucian menjadi maksimal. Berikut ini kami sajikan cara mencuci mobil berdasarkan keempat bagian tadi, yang meliputi:

Bagian Luar Mobil

- Tutup dan pastikan jendela dan kaca mobil Anda tertutup rapat sehingga air tidak masuk ke bagian dalam kendaraan.

- Semprotkan air ke semua bagian terluar mobil selama lebih kurang 15 sampai 20 detik. Penyemprotan awal ini bertujuan untuk melunakkan kotoran atau membersihkan sisa-sisa zat kimia yang dapat merusak catnya.

- Air yang disemprotkan ke badan mobil juga bermaksud melunturkan debu dan pasir yang melekat pada cat mobil. Pasir dan debu harus dihilangkan dulu sebelum menggosok body kendaraan karena berpotensi menggerus lapisan cat.

- Pilih pembersih khusus untuk mobil. Hindari pemakaian deterjen yang bisa merusak cat. Deterjen dan wax khusus dapat memulihkan kondisi cat yang memudar.

- Gosoklah terlebih dahulu bagian atas kendaraan. Gunakan spon bersih yang berserat halus dan dibuat khusus untuk mencuci mobil.

- Hindari aktivitas mencuci mobil di bawah terik matahari yang langsung menimpa mobil. Efek tetesan air dapat memperkuat intensitas cahaya matahari sehingga mengurangi kadar warna dari cat mobil. Jika sering dilakukan pencucian di bawah sinar matahari maka cat mobil akan cepat memudar.

- Jangan biarkan sedikit pun busa atau sabun tertinggal pada permukaan cat hingga mengering. Bahan kimia yang ada pada sabun dapat menyatu dan sulit terpisahkan dengan cat mobil Anda.

- Setelah dibilas, upayakan untuk menggunakan lap khusus mobil yang bersih dan tidak berbulu karena bisa mengakibatkan efek goresan pada permukaan cat. Usahakan pula agar lap bersih dari zat yang mengandung minyak.

Bagian Dalam Mobil

- Berbeda dengan langkah-langkah saat mencucui bagian luar mobil. Anda tidak perlu banyak air ketika membersihkan bagian dalam kabin. Diperlukan sedikit saja air sabun yang dipakai membilas interior mobil dengan spon atau kain lap.

- Perlu diketahui bahwa bagian dalam mobil biasanya rentan dengan noda yang berasal dari telapak tangan, sepatu, makanan, dan minuman.

- Pakailah deterjen dan wax khusus untuk interior mobil. Bilaslah dengan kain basah dan bersih sampai sisa deterjen dan wax hilang dari interior mobil. Setelah itu keringkan dengan spon atau lap kering yang bersih.

- Hindari penggunaan cairan pemutih untuk membersihkan interior.

- Untuk memperlancar proses penguapan, jangan menutup pintu kendaraan, biarkan terbuka sehingga udara bebas mengalir masuk dan keluar.

Bagian Mesin Mobil

- Perlu kehati-hatiaan dalam membersihkan bagian mesin karena sifatnya yang anti air. Bagian mesin yang tidak boleh terkena air seperti bagian acu, kabel, dan sensor. Saat membersihkan bagian mesin dengan aliran air, usahakan tidak terlalu kencang. Bagian busi dan kelistrikan jangan sampai terkena air. Jika perlu, gunakan kain lap basah atau spon dengan deterjen dan wax seperti mekanisme mencuci interior mobil.

- Jika ada lemak atau minyak yang melekat pada mesin, Anda dapat membersihkan dengan memakai sabun pencuci atau minyak tanah.

Ban Mobil

- Sebagai komponen mobil yang langsung menyentuh permukaan jalan, ban sangat mudah kotor.

- Gunakan sabun yang sesuai untuk membersihkan rim ban. Untuk rim berwarna, pakailah deterjen khusus, sementara yang berbahan logam bisa memakai deterjen biasa.

- Kalau ada noda membandel, gunakan sikat bersabut untuk menghilangkannya.

Banyak Waktu Tak Ada Salahnya Mencuci Sendiri di Rumah

Jika mencermati langkah-langkah mencuci mobil dengan baik dan benar yang tersaji di atas, kita pasti sepakat bahwa aktivitas tersebut tidak membutuhkan banyak waktu. Begitu juga dengan alat-alat yang diperlukan untuk membantu kita dalam proses mencuci. Semuanya dapat dengan mudah kita temukan di toko-toko khusus perlengkapan mencuci mobil seperti Ace Hardware, Informa, dan lain sebagainya atau di supermarket terdekat dari rumah Anda. Sedangkan untuk tempat melakukan pencucian mobil, bisa dilakukan di halaman rumah, carport, atau garasi rumah yang cukup besar dan memiliki drainase memadai.

Tidak ada salahnya Anda sendiri yang mencuci mobil saat saat libur atau tidak sedang beraktivitas bisnis. Lakukan proses mencuci mobil yang baik dan benar seperti langkah-langkah yang tersaji di atas agar kendaraan tetap kinclong dan membanggakan untuk dibawa pergi menemani kegiatan Anda. Jika perlu, libatkan anggota keluarga yang lain, agar sense of belonging atau rasa memiliki terhadap mobil membuahkan tanggung jawab dalam pemeliharaannya. Demikian tips mencuci mobil yang baik dan benar dari kami. Semoga bermanfaat dalam menjaga performa dan penampilan mobil Anda.

Related Posts:

0 Response to "Tips Mencuci Mobil Baik dan Benar "

Poskan Komentar